Mengatasi Burung Kacer Mbagong

Diposting pada 61 views

Burung kacer adalah burung yang sangat disukai oleh para kalangan pencinta burung. Karena burung satu ini memiliki kulitas kicau yang begitu bagus dan lantang.

Variasi burung kacer yang sudah gacor tentu saja sangat komplit dan beda dari jenis burung lainya. Sehingga burung kecer jika sudah jadi sangat mahal dijual di pasaran.

Burung kacer juga memiliki gaya dan suara yang khas yang tidak dimiliki oleh burung kicau jenis lain, sehingga menjadi primadona yang dapat memikat para pencinta burung.

Apalagi anda salah satu pencinta burung kacer tentu saja sudah tidak asing lagi dengan gaya cobra, yang khas dimiliki burung satu ini.

Namun burung ini mempeunyai satu sifat yang merugikan para pencinta burung yaitu sifat mbagong/ngebagong.

Sering kali para master burung yang mengalami hal ini, Jika burung kacer sudah mbagong tentu saja, hal tersebut sangat mempengaruhi penampilan burung menjadi tidak bagus dan memiliki kicau yang jelek.

Nah jika anda pemula yang baru saja memelihara burung kacer dan mengalami hal yang serupa tentu akan kebingungan.

Karena biasanya para kicau mania mempunyai resep tersendiri untuk mengatasi kacer yang sedang mbagong.

Namun tenang saja kali ini saya akan membahas bagaimana cara menagatasi burung kacer yang sedang bagong.

Jadi anda bisa menerapkan pada burung anda yang sedang mengalami hal tersebut tanpa kesusahan memikirkan bagaimana cara mengatasinya.

Ciri – Ciri Burung Kacer Mbagong

burung kacer sedang bagong

Dan saya yakin untuk pemula pasti belum mengetahui bagaimana ciri-ciri burung kacer yang sedang mbagong.

Maka saya jelaskan sedikit bagaimana ciri-ciri burung yang mengalami Mbagong, agar pemula mengetahuinya dan segera melakukan penanganan.

Jika hal tersebut dibiarkan akan merugikan anda, ya burung kecer yang anda rawat tidak akan bagus dan memiliki kicau yang jelek sekali.

Makanya hal ini sering dialami oleh para master burung, karena jika terjadi maka burung akan susah untuk diperlombakan.

Tentu akan mengalami kerugian, karena burung tidak dapat dibanggakan dan kicau yang sangat jelek sekali.

Berikut Ini ciri burung Kacer mbagong yang wajib diketahui oleh kicau mania pemula :

  • Kicau burung tidak merdu
  • Bulu burung Mengambang seperti balon
  • Pada ekor burung menekuk Kebawah dan variasi kicau tidak ada

Mungkin anda binggu apa penyebab dari burung bisa mengalami mbagong dan bagaimana cara memulihkan agar burung kacer bisa kembali gacor.

Sebelum kita bahas bagaimana cara mengembalikan burung gacor kembali. Kita wajib mengetahui apa saja penyebab burung bisa mbangong.

Penyebab burung mbagong :

  • Hal tersebut dikarenakan kondisi burung kurang sehat atau fit sehingga menyebabkan burung mbagong.
  • Proses memandikan Burung tidak itensif, Maka aturlah memandikan burung sedemikian rupa agar tidak mengalami sedemikian rupa.
  • sangkar dan tangkeringan tidak sesuai sehingga burung tidak nyaman.
  • Pemberian pakan EF tidak tepat waktu.

Cara Mengatasi Kacer Mbagong

1. Memulihkan Kondisi Burung Kacer

Dengan memulihkan kesehatan burung tentu hal sangat penting dilakukan, Karena kita tahu sendiri jika burung kurang fit dapat menyebkan burung mbagong.

Bisa dilihat dari kotoran burung kacer, jika kotoran burung encer dan berair maka burung mengalami masalah pada pencernaannya.

Biasanya hal tersebut pakan yang di berikan pada burung kacer tidak sesuai dan tidak memiliki kadungan gizi yang baik.

Bukan hanya masalah pakan saja dari segi sangkar yang kotor atau jarang dibersihkan akan membuat burung kacer stres, otomatis bakteri dan penyakit dapat dengan mudah menyerang burung kacer yang sedang stres.

Oleh karena itu lakukan pembersihan kotaran burung secara rutin dan teratur. Agar bakteri dan penyakit tidak menyerang burung kacer.

Nah bila mbagong disebabkan karena cacing, maka cara menanganinya adalah dengan memberikan obat cacing pada burung yang terkena.

Jangan Menggonta-ganti merek pakan yang di berikan, salah satu masalah yang sering terjadi adalah mengganti merek pakan Voer yang sering diberikan dengan merek lain.

Hal tersebut dapat mempengaruhi pencernaan burung mengalami gangguan dan akan mengalobatkan mbagong. maka berikanlah pakan burung secara konsisten dengan satiu merek saja.

2. Mamandikan Kacer Secara Intensif

Seperti ciri diatas bahwa memandikan secara tidak intensif akan mempengaruhi kesehatan burung dan akibatnya burung akan mbagong.

Yang saya maksut mamandikan burung tidak intensif adalah anda memandikan burung kacer tidak teratur dan tidak tepat waktu.

Maka aturlah waktu yang tetapat dan teratur dilakukan setiap hari, Agar burung merasa nyaman jika tubuhnya bersih dan sangkar pun tidak terdapat kotoran yang menumpuk.

Jika hal ini dilakukan setiap hari dengan melihat kondisi yang tepat, maka burung kacer tidak akan mbagong dan burung semakin memiliki kualitas kicau yang memikat telinga kita.

Waktu yang tepat memandikan kacer :

Cara mengetahui waktu mandi burung kacer yang tepat cukup mudah. Nah anda bisa memasukan wadah yang pas dimasukan kedalam sangkar pada jam 7:00 dan kacer mandi sendiri, maka itulah waktu mandi yang ideal untuk anda lakukan setiap harinya.

Sehingga anda bisa melakukanya secara rutin dan teratur dilakukan setiap hari agar kebersihan tubuh kacer tetap terjaga.

Namun pada pagi hari kacer tidak mau mandi sendiri dengan cara tersebut lakukan pada waktu sore hari atau pada malam hari.

Karena tidak semua burung kacer akan mandi pada waktu yang sama. Ada juga waktu mandi yang tepat pada sore dan mamalm hari.

jadi dengan cara diatas anda bisa mengetahui waktu mandi yang ideal dapat dilakukan secara rutin untuk burung kacer.

Apabila anda ingin kacer lebih nyaman mandi bisa membuatkan keramba mandi. Jika kacer sudah mau mandi dan waktu yang tepat sudah ditemukan. Maka burung tidak akan mengalami mbagong.

3. Menyesuaikan Tangkringan Dan Sangkar

Tangkringan dan juga sangakar dapat mempengaruhi kacer dapat mbagong, Maka jangan mengganti tangkringan kacer secara tiba-tiba.

Jika dilakukan penggantian secara tiba-tiba maka akan beresiko kacer akan mbagong, Jika difikir mamang tidak masuk akal, akan tetapi burung kacer mamang sangat sensitif.

Apalagi jika anda mangganti sangkar yang sudah membuat burung nyaman makan akan membuat terjadinya burung mbagong.

Jika anda sudah terlanjur menggantinya maka lakukan pengembalian sangkar dan tangkringan lama agar burung yang sudah mbagong dapat pulih kembali.

Memang hal ini sering terjadi mengganti sangkar burung dan tangkringan yang dilakukan secara tiba-tiba bisa membuat burung stres dan mbagong karena suasana nyaman burung dikandang yang baru tidak ada.

4. Proses Pemberian Pakan Extra Food ( EF )

Terkadang kicau menia pemula mungkin banyak yang menyepelekan pemberian pakan EF, Padahal hal tersebut dapat membuat kacer menjadi mbagong.

Ya jika kelebihan pembrian pakan Ef dapat membuat burung mbagong, Maka lakukan dengan cara teratur dan tidak berlebihan.

Contohnya jika anda memberikan pakan extra food jangkrik dalam waktu satu hari 4 sore dan 5 ekor pagi. Langkah yang harus dilakukan adalah mengurangi jumlah pakan jangkerik menjadi 3 ekor saja pagi dan sore harinya.

Dengan begitu burung kacer yang mbagong karena pakan Ef akan mulai pulih kembali dengan mengurangi porsi yang diberikan. Lakukan penurunan porsi pakan selama 6 hari. Maka nanti akan ada perubahan burung yang mbagong akan terlihat.

Jika sudah 6 hari anda bisa menambahkan porsi pakan Ef satu ekor lagi. jadi menjadi 4 ekor jangkrik yang diberikan pagi dan sore harinya. Jika sudah waktu 10 hari anda bisa menambahkan jangkrik yang diberikan menjadi 5 ekor waktu pagi dan sore hari.

Setelah jangka waktu 14 Hari anda bisa mencoab menggantang kacer dengan kacer lainya untuk diperlombakan. Jika kacer masih mbagong juga saat digantang maka berikan kembali jangkrik dengan porsi 5 ekor perharinya pada pagi dan sore hari, secara konsiten.

Dan berikan juga vareasi pakan dengan memberikan pakan ulat bambu 2-3 ekor setiap harinya untuk memenuhi gizi yang dibutuhkan burung kacer agar pulih kembali dan tidak mbagong.

Nah dari cara ditasa untuk memulihkan burung kacer yang mbagong memang sangat mudah, namun harus anda lakukan secara rutin dan telaten agar burung yang mbagong dapat pulih dengan cepat untuk menghasilkan kicau yang bervariasi saat di gantang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *