Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor

Diposting pada 140 views

Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor- Sebenarnya tidak lah susah. Yang perlu kita perhatikan adalah hal pokok saja, contohnya seperti pakan dan perwatan perharinya.

Mungkin untuk pemula yang baru mulai merawat burung cucak ijo pasti mengalami kesusahan. Apalagi anda seorang pekerja akan susah untuk membabagi waktu untuk perawatannya.

Tetapi tenang saja burung pleci dapat anda rawat walapun anda seorang pekerja dengan cara yang akan saya berikan ini.

Bukan bermaksut sombong atau ahli, saya hanya ingin berbagi bagaimana cara merawat yang saya gunakan untuk burung saya.

Apalagi pemula pemula wajib membaca pembahasan kali ini untuk melakukan perawatan agar burung cucak ijo gacor.

Langkah terpenting dalam merawat burung apapun sebenarnya kita bermodalkan ketelitian dan pengetahuan.

Yang saya maksut ketelitian adalah dengan memperhatikan burung dengan kasih sayang yang penuh.

Nah saya sering kali menjumpai teman saya, yang merawat hanya bermain-main saja. Jika sudah kelamaan burung tidak dirawat denga baik, maka nanti burung akan sudah untuk dilatih kembali.

Dan yang saya maksud dengan pengetahuan adalah apabila anda belum mengatahui cara yang tepat untuk mearawat cucak ijo.

Maka langkah yang perlukan adalah dengan menggali informasi cara merawat cucak ijo dengan resep yang akurat dalam pemberian pakan dan perawatanya.

Atau mencari informasi menggunakan internet di google, dijaman yang moderen ini kita lebih mudah. Jika anda kurang faham dengan hasil pencarian di internet bisa menanyakan dengan ahlinya yang mungkin anda kenal.

Cara Merawat Cucak Ijo Yang Baik Dan Benar

Jika anda sudah memiliki burung cucak ijo yang sudah gacor. Lakukan perawatan dan perhatian yang benar, agar setiap burung cucak ijo di konteskan mendapatkan juara.

Walaupun sudah gacor burung harus sudah diperhatikan, bertujuan agar burung cucak ijo yang sudah gacor tidak mengalami penurunan secara tiba-tiba.

Apabila hal tersebut terjadi akan membuat burung sudah untuk dijadikan gacor kembali karena sudah mengalami keterganguan mentalnya.

Maka lakukan pemberian pakan secara teratur berikan pakan yang paling baik. agar kualitas suara burung tetap terjaga tanpa ada masalah sedikit pun.

1. Pakan Pakan Yang Baik Untuk Cucak Ijo

Pakan Adalah salah satu faktor yang sangat berperan penting untuk menjadikan cucak ijo gacor dan kualitas kicau burung cucak ijo tambah mantap.

Para master burung sering kali memperhatikan hal ini dan tidak dilakukan dengan sembarangan dalam pemberian pakan burung yang di pelihara.

Sehingga kulitas kegacoran burung tetap terjaga dan selalu mendapatkan juara dengan memilih pakan yang baik untuk burung jenis cucak ijo.

Lakukan langkah yang benar untuk pemberian pakan burung satu ini yang sudah gacor, agar suara kicau burung selalu terjaga dan tetap juara saat burung diterjunkan di area kontes.

Nah pakan apa saja yang baik untuk menjaga kuliatas burung cucak ijo tetap terjaga dan memiliki suara kicau jempolan seperti berikut :

Buah – Buahan segar

  • Buah-buahan adalah salah satu pakan yang sengat disukai oleh burung cucak ijo. Karena pada dasarnya burung jenis ini sangat menyukai buah dan di alam bebas burung cucak ijo sering memakan buah-buahan. Buah yang sangat disukai cucak ijo adalah seperti pisang kepok, pepaya, pir, jeruk, dan apel berwarna merah.
  • Mengapa buah sangat baik untuk burung cucak ijo. Karena pada buah memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan dan setamina burung, sehingga burung lebih memiliki kualiatas suara bersih dan tidak serak.
  • Cara pemberiannya, apabila buah baru saja anda beli jangan lupa mencucinya dahulu. biasanya banyak terdapat zat kimia yang digunkan untuk menyemprot buah oleh petani. Sehingga buah yang sudah di cuci sangat aman diberikan kepada burung cucak ijo.
  • Untuk pakan yang paling baik adalah jenis buah pepaya. Berikan buah pepaya setiap hari dangan rutin. Karena buah pepaya mampu meningkat kekebalan burung cucak ijo, sehingga tidak dengan mudah terserang penyakit.

Pakan Tambahan Dan Extra Fooding (EF)

  • Pakan Tambahan Jenis Ef sangat baik untuk perkembangan burung dan dapoat melengkapi pakan alami yang anda berikan.
  • Pakan EF mampu meningkatkan kegacoran burung cucak ijo dengan baik dan tidak memiliki efek samping yang akan terjadi pada burung.
  • Selain itu juga pakan Ef lebih banyak mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan burung cucak ijo.
  • Jangan Lupa Untuk menambahkan pakan tambahan lagi berupa kroto dan ulat hongkong. Nah untuk pemberian kroto dan ulat hongkong harus diatur sedemikian rupa. Apabila jumlah kroto dan ulat hongkong yang diberikan berlebihan dapat memberi sisi buruk terhadap burung cucak ijo.
  • Contoh apabila pemberian kroto terlalu banyak, maka akan menyebabkan peningkatan suhu tubuh burung. Sehingga hasilnya dari peningkatan suhu terlalu panas, burung cucak ijo menjadi galak dan emosian.
  • Efek lain dari peningkatan suhu tersebut burung akan mabung tidak tepat waktu dan mengalami over birahi.
  • Jika anda yang masih memberikan kroto secara berlebih, mulai detik ini silahakan anda hentikan. Agar burung cucak ijo tidak megalami peningkatan suhu secara tinggi.
  • Namun sekarang burung cucak ijo yang anda pelihara mengalami over birahi. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan ulat bambu sehari dua kali untuk mengatasinya. Waktu yang tepat pemberian ulat bambu yaitu pagi dan sore hari berikan secara rutin, hingga burung dapat kembali normal.
  • Bukan hanya pakan kroto saja, tetapi memberikan pakan tambahan ulat hongkong juga harus tepat dan tidak disarankan untuk memberikan pakan ulat hongkong secara berlebih.
  • Efek dari pemberian ulat hongkong secara berlebihan juga dapat berdampak buruk terhadap mata burung akan mengalami katarak pada burung cucak ijo.
  • Buanglah bagian kepala ulat hongkong agar burung cucak hijau dapat mencerna makanannya dengan baik. Kepala ulat sangat lah keras sehingga perlu dibuang agar burung tidak mengalami masalah terhadap pencernaan.

Pakan Voer Atau Poor

  • Dari semua pakan diatas anda juga harus memberikan pakan tambahan yaitu berupa voer. Pemberian Voer sangat bagus untuk kesehatan burung cucak ijo dapat mejaga kesehatan dan mampu menambahkan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh burung berkembang.
  • Langkah memilih poor yang baik, anda bisa membeli dengan kadar sekitar 12 hingga 18 % kadar protein yang terkandung pada voer.
  • Untuk merek yang digunakan mungkin banyak dan bisa anda pilih sendiri di toko pakan ternak. akan tetapi jangan sering menggonta-ganti merek dapat membuat warna bulu burung mengusam.

2. Sangkar Burung Cucak ijo Yang Tepat

Choloropis Sonnerati Atau burung cucak ijo, adalah salah satu burung yang tergolong sangat aktif dan memiliki gerakan yang lincah.

Sehingga pembuatan kandang burung harus sesuai dan tidak boleh terlalu kecil agar burung cucak ijo bergerak dengan bebas dan tidak membuat burung stres didalam sangkar yang sudah anda buatkan.

Nah jangan lupa juga tambahkan tangkeringan sejajar pada atas dan bawah sangkar. Agar burung dapat bergerak secara bebas dan bertengger diatas tangkringan yang sudah anda berikan.

Burung cucak ijo sangat menyukai air untuk natinya iya mandi sendiri, Sehingga langkah perlu dilakukan, tambahkan tempat mandi burung cucak hijau. Usahakan tempat mandi burung ada pada dalam sangkarnya. agar burung cucak ijo mandi sendiri.

3. Memandikan Burung Cucak Ijo Teratur

Pemberian Wadah sebagai mandinya burung cucak didalam sangkar. Jangan lupa berikan tempat dengan melihat karakter burung yang anda miliki. Pada dasarnya sifat burung cucak ijo juga sama dengan sifat burung lainya.

  • Apabila burung yang anda miliki menyukai mandi, langkah yang tepat adalah menyiapkan wadah mandi burung di dalam sangkar.
  • Jika burung yang anda miliki memiliki karakter yang berbeda dan tidak suka mandi. anda perlu memandikan burung tersebut secara rutin saat pagi dan sore hari. cara memandikannya pun juga sangat mudah hanya membutuhkan alat semprot saja.

4. Menjaga Kebersihan Sangkar Burung

sangkar adalah faktor pertama yang dapat mempengaruhi kesehatan burung yang ada didalam sangkar. Jika sangkar burung tidak dibersihkan setiap pagi hari, maka nantinya bakteri dan penyakit dapat bersarang.

Lakukan pembersihan secara rutin agar kesehatan burung cucak ijo tidak terncam, oleh karena itu ushakan bersihkan setiap hari.

  • Sebelum burung anda mandikan, langkah berikutnya yaitu membersihkan kandang burung agar tetap terjaga.
  • Apabila terdapat kotoran di wadah minum burung, lakukan pergantian air secepatnya, sehingga anda bisa membersihkan wadah minum burung terhindar dari lumut dan penyakit dari endapan kotoran.
  • Jika kandang burung bersih otomatis penyakit akan jarang menyerang burung dan kesehatan atau kekebalan tubuh burung juga tidak kualahan. Burung akan terasa nyaman dan tidak mudah stres atau mengalami kendala pada kesehatan burung.
  • Sehingga burung nantinya akan mudah membntuk mental dan kicauan burung akan lebih maksimal meraih kejuaraan.

5. Proses Pemasteran Burung

Jika anda sudah mempunyai burung yang sudah jadi atau gacor. Lakukan pemasteran secara rutin dengan menggunakan burung yang sudah memiliki kicau yang bagus.

Namun jika anda susah dan tidak mempunyai burung cucak hijau untuk pemasteran. Anda bisa juga menggunakan suara burung dari internet.

Lakukan secara rutin agar burung yang sudah jadi tidak mengalami penurunan kicau atau kicau burung tersebut tambah jadi sehingga saat diperlombakan burung akan dengan tenang menghadapi lawanya.

Waktu yang tepat melakukan pemasteran pada siang, sore, pagi dan bahkan pada waktu malam hari. Ya biasa melihat dari kesibukan anda bekerja saja untuk melakukan pemasteran secara rutin.

Yang perlu di ingat bahwa proses pemasteran burung dilakukan setelah burung dimandikan. Dan sangkar burung pun juga harus sudah bersih

Sangkar dan Badan burung setelah dimandikan akan membuat burung cucak ijo semakin fokus dan sukses merekam suara masteran yang di berikan.

Apabila cucak ijo yang anda pelihara mengalami masalah dan tidak cepat gacor padahal sudah lama anda pemasteran dilakukan.

Cara mengatasinya agar burung mau berkicau bisa memancingnya dengan suara masteran burung betina. Dengan begitu burung cucak akan bekicau jika melihat lawan jenisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *