Cara Merawat Burung Pleci

Diposting pada 24 views

Cara Merawat Burung Pleci- Halo sobat pencinta burung kicau. Pastinya sudah tidak asing lagi burung yang akan kita bahas kali ini.

Burung ini memiliki postur tubuh yang sangat kecil. Namun kualitas kicau burung mungil ini sudah tidak diragukan lagi.

Burung pleci adalah salah satu jenis burung dengan tubuh kecil, dengan kicau yang cantik, mampu memikat para pencinta burung untuk memeliharanya.

Selain dijadikan hewan peliharaan, burung pleci juga di jadikan sebagai hewan yang sering di perlombakan kicaunya.

Jadi bisa dijadikan ladang bisnis untuk menghasilkan uang dengan mengadu kicau burung di kompetisi.

Agar burung pleci gacor atau memiliki suara kicau yang bagus, tentu tidak luput dari cara perawatannya agar burung dapat menjuarai kompetisi.

Perawatan burung kicau tidaklah mudah, walaupun ada yang bilang mudah. Namun jika belum pernah memelihara akan terasa sulit, untuk melakukan perawatan.

Karena perawatan burung kicau kita harus memahami dari jenis pakan yang diberikan dan bagaimana perlakuan kita setiap harinya kepada burung pleci kesayangan anda.

Apalagi untuk pemula, saya yakin akan merasa kebingungan untuk melakukan perawatan dan pasti akan dilakukan secara asal saja.

Padahal merawat burung pleci dengan secara asal dapat memberi efek buruk terhadap perkambangan burung.

Maka dalam pembahasan kali saya akan membagikan cara yang sering saya lakukan untuk burung yang saya pelihara, Bagaimana cara merawat burung pleci biar gacor. Simak pembahasan berikut ini :

Cara Merawat Burung Pleci Yang Baik Dan Benar

Dengan merawat burung peleci secara benar dan memperhatikan burung dengan serius, tentu akan lebih cepat untuk membuat burung pleci gacor.

Karena burung kicau apapun sengat membutuhkan perawatan secara efektif dan perhatian bagaimana langkah yang tepat untuk penerapanya.

Jadi untuk sahabat kicau pemula simak pembahasan kali ini hingga selesai bagaimana cara merawat burung pleci yang benar.

Sehingga burung pleci yang anda rawat menghasilkan kicau yang cantik dan tidak sia-sia merawatnya. Jika burung pleci sudah gacor tentu burung siap di perlombakan di mata umum. Berikut ini penjelasanya lebih jelasnya.

1. Memandikan Burung Pleci

Bukan hanya anda saja yang harus mandi di pagi hari. Burung pleci setiap pagi juga harus di mandikan.

Memandikan burung pleci di pagi hari, bertujuan agar bakteri yang menempel di bulu burung pergi dengan cara memandikan burung setiap harinya.

Dan juga menghilangkan kotoran burung yang menempel di bagian bulu. Sehingga burung dapat terlihat bersih dan burung pleci juga merasa nyaman, jika badanya bersih.

Manfaat lain dari memandikan burung adalah burung tidak mudah terserang penyakit dan bakteri berbahaya.

Sehingga bulu burung tetap terjaga dan bakteri akan pergi saat burung dimandikan. Usahakan memandikan burung dengan mencopot alas sangkar terlebih dahulu.

Apabila alas sangakar tidak di copot, yang di takutkan adalah bakteri jatuh dan berkambang pada alas kotoran burung yang berada di sangkar. Sehingga harus mencopot terlebih dahulu, sebelum memandikan.

Cara memandikan burung pleci sangat mudah. Anda tinggal semprotkan keburung pleci dan beri sabun anti bakteri, agar terhindar dari kuman.

2 Penjemuran Burung Pleci

Setelah kita memandikan burung, tentu kita harus menjemur burung. Bertujuan agar bakteri dan kuman yang tertinggal mati.

Selain itu juga, untuk mempercepat pengeringan bulu burung yaitu dengan cara di jemur. Sehingga bulu burung akan terlihat mengkilap setelah dimandikan dan dijemur.

waktu yang tepat untuk menjemur burung adalah dari jam 8 sampai jam 9. Jika kelamaan dapat menyiksa burung karena panas matahari sudah terlalu trik.

Nah manfaat penjemuran juga sebagai paparan vitamin D yang terkandung pada sinar matahari. sehingga dapat memberi penambahan daya tahan tubuh burung tidak mudah terserangan penyakit dan memberi kehangatan kepada burung pleci.

3. Pengembunan Burung Pleci

Mengapa Burung Pleci harus di embunkan? karena proses pengembunan untuk merangsang burung pleci berkicau.

Pengembunan ini harus dilakukan, karena untuk merangsang burung pleci menjadi gacor atau memiliki kicau baik dan membuat nafas burung pleci panjang.

Lakukan secara rutin agar burung pleci dapat cepat gacor dan memiliki harga jual tinggi. Karena jika burung pleci sudah gacor dan memiliki nafas panjang banyak peminat yang ingin meminangnya untuk dijadikan hewan peliharaan atau keperluan sebagai burung yang akan di perlombakan.

Waktu yang tepat untuk melakukan pengembunan adalah pada jam 5 pagi – sampai 6 pagi. lakukan pengembunan secara rutin, sebelum pleci dimandikan.

4. Pemberian Pakan Burung Pleci

Pakan Adalah salah satu hal yang sangat di butuhkan oleh burung pleci. pemberian pakan tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

pemberian Pakan adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk mendorong burung pleci memiliki kicau yang cantik dan panjang.

Maka dari itu anda juga harus mengetahui pakan yang baik untuk burung pleci. Pemberian pakan juga harus di variasikan,

jika kita memberikan pakan berupa biji-bijian kita juga harus memberikan pakan tambahan berupa sayuran dan buah-buhan segar.

Sehingga burung pleci dapat terpenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang di butuhkan burumg pleci agar tetap berkembang dan mempunyai suara yang gacor.

5. Pemberian Extra Fooding

Kita juga bisa memberikan pakan tambahan berupa extra fooding. Sehingga dapat membantu memenuhi protein yang di butuhkan burung pleci.

Contoh extra fooding yang dapat anda berikan kepada burung yaitu berupa kroto, jangkrik, dan ulat bambu. Berikan pakan ini secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan.

Pakan EF terlalu berlebihan akan memberi dampak buruk terhadap kualitas yang dihasilkan oleh burung pleci. Sehingga berikan saja secukupnya.

Namun perlu anda ketahui burung pleci berbeda dengan burung lainya. Karena burung ini, tidak semua mau atau menyukai pakan jenis EF ini.

Sehingga burung yang tidak mau, jangan anda paksa agar burung mau memakannya. anda bisa memasukan kewadah untuk melatihnya terlebih dahulu agar burung mau memakan pakan jeni EF ini.

6. Mengontrol Pakan Dan Minuman Burung Pleci

Nah anda juga harus sering mengontrol pakan dan minuman agar tidak mengalami kehabisan pakan. sehingga pakan burung sudah abis anda bisa menambahkan kan lagi pakan dan minumnya.

Apabila terjadi ketelatan pemberian pakan atau membuat burung cantik ini kelaparan, maka burung akan mengalami kematian atau stamaina akan berkurang dan burung sudah tidak mau berkicau lagi.

Ya jelas burung yang mengalami kelaparan akan stres dan lama-lama akan mati karena asupan nutrisi burung sudah berkurang atau habis.

Jangan sampai terjadi kehabisan pakan didalam wadah pakan burung agar burung tidak kelaparan dan tetap sehat berkicau setiap harinya.

Hal ini sering dilakukan oleh sahabat kicau yang baru terjun dalam dunia burung, sehingga membiarkan burung mati kelaparan dan melupakan pemberian pakan terhadap burung.

Maka kontrol lah pakan dan minum burung setiap harinya, agar anda mengetahui pakan yang diberikan sudah habis atau belum.

7. Pembersihan Kandang Burung Pleci

Selain perawatan diatas anda juga harus membersihkan kandang burung agar burung pleci tetap nyaman dalam sangkar tersebut.

Jangan membiarkan kotoran burung pleci menumpuk. Agar tidak megalami timbuknya gas beracun yang disebabkan penumpukan kotoran burung terlalu banyak.

Jika kotoran berubah menjadi gas beracun, sangat membahayakan kesehatan burung dan dapat mengakibatkan kematian pada burung pleci

Apabila kandang bersih, maka akan membuat burung tidak mudah terserang penyakit dan kesehatan juga selalu terjaga.

Cara pembersihan seperti biasa, bersihkan sangkar dan buang terlebih dahulu kotorannya. Setelah itu bersihkan juga wadah pakan dan minumnya.

Jangan sampai membiarkan kotoran menumpuk yang menyebabkan burung akan mati karena menghirup gas beracun tersebut, yang dihasilkan dari kotoran menumpuk pada sangkar.

8. Pemasteran Burung Pleci

Pemasteran untuk burung pleci sangat di butuhkan untuk melatih burung agar bisa menirukan suara burung lain. Untuk media masteran bisa menggunakan burung isian yang sudah gacor.

Atau jika anda tidak mau ribet, anda bisa menggunakan media Mp3 yang bisa anda dapatkan di internet, sehingga lebih simple tidak terlalu banyak menggunakan burung isian.

Kemampuan burung pleci yang sudah jadi mampu menirukan suara burung lain hingga banyak variasi yang dapat ditirukan oleh burung cantik ini.

Bahkan kemapuan kicau burung bisa berdurasi sangat lama. Lakukan pemasteran secara rutin agar burung pleci cepat gacor dan siap di ikutkan kompetisi bersama kicau mania lainya.

Demikian bagaimana cara merawat burung pleci agar cepat gacor dan untuk pemula wajib mengetahuinya untuk merawat burung pleci kesayangan anda dirumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *