Cara Merawat Burung parkit Untuk Pemula

Diposting pada 42 views

Cara Merawat Burung parkit- Halo sobat kicau mania, nah mungkin anda tidaka asing lagi dengan yang burung yang satu ini.

Bentuk burung parkit hampir sama dengan loverbird. Akan tetapi bentuk mulut dan badan lebih besar burung lovebird.

Nah Dalam pembahasan kali saya akan berbagi dan sudah dibuktikan ampuh agar burung Parkit anda cepat gacor.

Untuk melatih burung memang tidak bisa instan dan harus dilakukan secara benar dan sesuai prosedur.

Jika hanya melakukan asal saja, tentu burung parkit kesayangan anda akan susah untuk memiliki kicau yang gacor. Oleh karena itu lakukan perawatan secara tepat dan benar.

Apalagi masih pemula bidang perawatan burung kicau, pasti akan mengalami kesusahan jika terjadi sesuatu pada burung parkit.

dalam kesempatan kali saya akan membagikan bagaimana langkah tepat dalam merawat burung parkit dan tidak melakukan kesalahan dalam pelaksanaanya.

Yang serig terjadi dan dilakukan oleh pemula adalah perawatan dilakukan secara sembarangan dan pemberian pakan selalu tidak tepat waktu.

Anda tahu sendiri bahwa burung parkit tidak menyukai tempat yang kotor Oleh karena itu anda harus lebih rajin dalam memperhatikan Kebersihan kandang yang ditempati burung parkit.

Jenis-jenis Burung Parkit

Sebelum kita memulai dalam pembahasan pertama, anda juga harus mengetahui jenis dan macam burung parkit.

Sehingga ketika kita memelihara burung parkit akan lebih mengenal jenis yang anda punyai sekarang ini.

Jangan sampai anda tidak mengetahui jenis parkit yang anda pelihara sendiri. Kan lucu bila anda ditanya jenis burung yang dimiliki tidak mengetahuinya. Berikut Janis burung parkit yang wajib anda ketahui.

1. Burung Parkit Lutino

Untuk jenis yang pertama kali ini adalah salah satu jenis burung parkit lutini atau biasa disebut dengan lutino. Burung parkit jenis ini sangat identik dengan warna kuning .

Nah jika kita amati jenis burung parkit lutino hempir mirip dengan burung loverbird. perawatan burung parkit bisa di lakukan seperti yang dilakukan dengan jenis burung parkit lain.

2. Burung Parkit Australia

Nah untuk burung jenis kedua ini sangat berbeda dengan burung parkit yang pertama, jika kita lihat dari jambul burung lebih terlihat seperti jambul burung kakak tua.

Untuk asal burung sendiri bukan dari negara kita, melainkan dari negara australia dan habitat aslinya banyak hidup di hutan australia.

Kebanyakan pencinta burung di indonesia memelihara parkit jambul bukan untuk burung kicau, tetapi hanya hewan peliharaan hiasan.

Jika dipandang fisik burung satu ini sangat menarik dan apik jika dijadikan hewan peliharaan dan tidak bosan memandangnya.

3. Burung Parkit Lokal

Burung parkit lokal, ya tentu jika kita lihat dari namanya pun juga sudah tahu dari mana asal burung satu ini. Burung parkit lokal merupakan salah satu burung yang berasal dari negara indonesia. dan masyarakat kebanyakan menjadikan burung parkit ini sebagai burung yang dibudidayakan dan burung kicau juga.

Dengan membudidayakan burung parkit tentu dapat mengurangi pemburuan burung parkit dialam liar. sehingga burung cantik ini tetap terjaga dan tidak mengalami kepunahan.

Oleh karena itu sangat beruntung sekali masih banyak masyarakat yang membudidayakan agar semua orang tidak mencari sendiri dihutan.

Apabila dibiarkan pemburun secara bebas terus menerus akan membuat populasi burung parkit terancam dan masuk dalam ketegori hewan hampir punah. sehingga dengan membudidayakannya burung parkit akan terus berkembangbiak dan tidak mengalami kepunahan.

Harga burung parkit sendiri sangat lumayan sehingga banyak oknum yang membudidayakannya untuk kepentingan bisnis tanpa pemburuan secara langsung.

Dan ada juga sepesies burung parkit yang sudah mengalami kepunahan akibat banyak di buru dan tidak ada pembudidayaa agar terus berkembang. Yaitu burung parkit jenis carolina yang sudah tidak ada lagi dihabitatnya aslinya Karena mengalami kepunahan.

Dengan membudidayakan burung parkit dapat antisipasi kepunahan dan dapat terus bertambah populasinya.

Mengapa jenis burung parkit carolina bisa mengalami kepunahan? akibat tempat tinggal aslinya banyak di buka untuk dijadikan daerah pertanian dan perkotaan. Sehingga populasi burung dari tahun-ketahun mengalami penurunan secara dratis dan sekarang sudah mengalami kepunahan.

Krakteristik Burung Parkit

Burung parkit adalah burung yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dan bahkan masa hidup burung pun sangat lama antara 10 tahun. hebat bukan burung parkit bisa mencapai masa kehidupan yang cukup lama ketimbang burung lain.

Pada umumnya burung yang normal hanya mampu hidup antara 5 sampai 8 th saja. Tetapi burung parkit jika dirawat dengan benar akan mampu mencapai kehidupan sampai 10 tahun lamanya.

Namun jika perawatan dan makanan tidak diperhatikan dengan baik jangan berharap burung dapat hidup dalam waktu yang lama.

Karena setiap burung peliharaan dan hewa peliharaan jenis apapun tidak diberikan asupan nutrisi yang susai tidak akan bertahan lama hidupnya.

Ketika burung mengalami stres maka penyakit dapat menyerang dengan mudah. jika anda memelihara burung parkit pelajari. bagaimana cara merawat dengan benar terlebih dahulu.

Salah satu kemampuan burung parkit adalah dapat berbicara layaknya jenis burung beo. Namun anda ya tetap harus melakukan pelatihan terhadap burung parkit.

Untuk melatih burung parkit agar bisa berbicara bukan perkara yang mudah. Butuh ketelitian dan kesabaran untuk dilakukan setiap harinya.

Makanya pelajari dahulu teknik dasar bagaimana cara merawat burung parkit. dengan begitu kita akan lebih mudah melakukan perawatan selanjutnya agar burung bisa berbicara layaknya beo.

Cara Merawat Burung Parkit Agar Cepat Gacor

Nah perawatan burung parkit tidak lah mudah untuk pemula, jangankan anda pemula, bahkan pencinta burung sudah pengalaman merawat burung parkit saja kadang masih bingung dalam melakukan perawatanya.

sehingga bagi pemula wajib mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menjadikan burung parkit kesayangan anda agar cepat gacor.

Oleh karena itu jangan lewatkan pembahasan dalam artikel kali ini bagaimana langkah-langkah yang benar melakukan perawatan terhadap burung parkit agar burung tidak mengalami masalah yang serius yang dapat merugikan anda. Simak penjelasan berikut ini :

1. Memilih Kandang Parkit Yang tepat

Mengapa kandang adalah hal utama yang harus diperhatikan. Kerena sangkar yang nyaman akan membuat burung lebih tenang dan tidak mudah stres.

Sebelum anda membeli kandang harus memilih ukuran kandang yang baik dan ideal. Agar burung tetap nyaman dan tidak merasa tergangu didalam kandang. Pilih lah kandang burung yang tidak terlalu luas maupun terlalu sempit. Untuk Ukuran kandang Yang ideal seperti berikut 40 x 40 x 60 cm saja.

Untuk bahan kandang anda tidak perlu besi juga bisa, jika uang tidak menyukupi untuk membeli kandang besi anda bisa menggunakan kandang berbahan baku kayu, Karena sejatinya burung parkit tidak akan merusak kandang seperti burung lovebird yang hobi merusak sangkarnya.

2. Memilih Burung Parkit Yang Tepat

Nah dalam poin ini sangat penting untuk memilih burung parkit yang mudah gacor, sehingga anda tidak salah memilih burung parkit jika ingin di jadikan burung kicau.

Pilihlah burung parkit yang berjenis kelamin jantan, burung jantan akan lebih banyak berkicau ketimbang burung parkit berjenis kelamin betina. Sehingga burung parkit lebih gampang untuk di jadikan burung yang memiliki kicau yang tinggi dengan tingkat kegacoran burung maksimal.

3. Pemberian Pakan Yang Tepat

Pakan adalah faktor yang sangat penting juga, untuk perkembangan burung parkit. Sehingga burung akan lebih sehat dan lebih bergairah meningkatkan birahi untuk mendapatkan kicau yang maksimal.

Makanya pakan tidak dapat dilakukan secara semabarangan agar burung parkit cepat gacor dan tidak mengalami penurunan birahi juga.

Nah pakan yang tepat untuk burung parkit sangat mudah didapatkan karena bisanya burung parkit sangat menyukai buah-buahan. Berirkut ini pakan yang tepat untuk diberikan terhadap burung parkit.

Pakan yang baik untuk burung parkit :

  • Buah Plum
  • Buah Pir
  • Buah Pisang
  • Buah Pepaya
  • Buah Chery

Bukan hanya buah diatas saja masih banyak lagi buah yang baik untuk diberikan kepada burung parkit. Jangan lupa mencuci buah sebelum diberikan kepada burung parkit agar tidak terdapat bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan burung parkit atau mengalami keracunan.

4. Perawatan Harian Untuk Burung Parkit

Untuk perawatan harian wajib dilakukan agar kesehatan burung selalu terjaga. perawatan yang harus dilakukan adalah memandikan burung parkit saat pagi hari jam 07 pagi, lalu lakukan penjemuran setelah memandikan burung, Dan jangan lupa membersihkan kandang burung parkit secara rutin dan teratur.

waktu lama penjemuran dapat dilakukan dari jam 9 sampai 10 saja. atau lebih rincinya hanya dalam jangka waktu satu jam saja. Jika terlalu lama dapat membuat burung mengalami kepanasan dan Burung akan merasa tersiksa.

Apabila sudah melakukan penjemuran jangan lupa untuk menganginkan burung ditempat yang sejuk selama 10 menit. Jangan langsung dimasukkan kedalam rumah agar burung tidak kaget sehabis dijemur.

Jika perawatan sudah anda lakukan semua dengan baik, Langkah selanjutnya untuk melatih burung parkit cepat gacor yaitu dengan melakukan pemasteran terhadap burung parkit dengan menggunakan burung isian atau bisa juga dengan suara burung mp3.

Demikianlah bagaimana cara yang simple atau cara dasar melakukan perawatan burung parkit, sehingga dengan menerapkan secara rutin. Untuk pemula akan lebih mengerti dengan metode dasar bagaimana cara perawatan burung kicau parkit ini yang benar

BacaJuga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *