Cara Merawat Burung Murai Cepat Gacor

Diposting pada 25 views

Cara Merawat Burung Murai Cepat Gacor- halo sobat kicau mania, pasti sudah tidak asing lagi dengan burung satu ini.

Burung murai adalah salah satu burung yang banyak di minati dengan krakteristik fisik yang cantik.

Yang menjadi yang khas dari fisik burung murai adalah bagian ekor yang panjang, yang tidak dimiliki oleh burung lain.

Selain memiliki fisik yang cantik, keunggulan burung murai yaitu memiliki kicau yang sangat merdu.

Nah jadi jika dilihat fisik dan kicau pun sudah tidak diragukan lagi kenapa burung murai menjadi burung kicau unggulan dikalangan para pencinta burung.

Sehingga tidak heran kenapa burung ini menjadi salah satu primadona dikalangan para pencinta burung kicau.

Apalagi burung murai yang sudah gacor, harganya sangat tinggi sekali, sehingga rata-rata pemilik burung murai adalah kalangan menengah atas.

Jangankan burung yang sudah gacor burung baru lahir pun jika di jual mencapai harga yang mahal juga.

Jadi untuk anda yang baru memilihara burung murai harus berhati-hati dan jangan asal saja melakukan perawatanya.

Jika burung murai dilakukan dengan perawatan yang tidak serius dan sembarangan sangat merugikan anda.

Yah tahu sendiri burung murai sangat mahal dan harga burung yang sudah gacor pun hampir sama dengan harga sepada motor.

Untuk anda pemula, saya sarankan apabila ingin memelihara burung murai fikirkan dahulu dan pelajari bagaimana cara perawatan yang benar agar mendapatkan hasil yang baik.

Apalagi untuk menjadikan burung murai gacor, bukanlah persoalan yang mudah dan perlu perawatan yang tepat.

Dan tidak jarang Juga pemula yang mengalami kesulitan merawat burung murai dan ada juga yang mengalami kegagalan saat sudah memeliharanya.

Kegagalan yang disebabkan adalah penerapan perawatan burung tidak dilakukan secara berkala dan hanya sembarangan saja.

Jadi jika anda tidak ingin memelihara dengan serius lebih baik urung saja niat anda terlebih dahulu dan cari tahu bagaimana cara perawatan yang benar kepada ahlinya, sehingga tidak melakukan kesalahan fatal terhadap burung murai.

Nah jika anda belum mengetahui bagaimana cara yang tepat baca pembahasan kali ini bagaimana penerapan perawatan yang tepat agar anda memahami bagaimana langkah yang harus anda lakukan terlebih dahulu.

Cara Merawat Burung Murai Yang Baik Dan Benar

Perawatan yang tepat agar burung cepat gacor pertama kali harus diketahui oleh semua pencinta burung sehingga akan lebih mudah saat sudah memelihara burung murai.

Dengan memahami masalah dan penanganan untuk penerapan perawatan burung, anda tidak akan kebingungan saat mengalami suatu masalah terhadap burung mudai kesayangan anda.

Perawatan harus dilakukan setiap hari, sehingga kesehatan burung akan selalu terjaga dengan baik.

Jika perawatan yang akan saya bagikan ini dilakukan dengan benar maka hasilnya pun akan menjadi lebih baik untuk perkembangan burung murai Cepat berkicau merdu.

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan perawatan burung murai agar cepat gacor :

1. Cara Pengembunan Burung Murai Batu

Pengembunan harus dilakukan setiap hari. Sebelum anda melakukan perawatan lainya, anda harus melakukan pengembunan agar burung cepat gacor, Langkah ini adalah termasuk kategori yang sangat dibutuhkan oleh burung murai.

Ada juga yang menyebutnya pengembunan dipagi hari disebut dengan mengangin-anginkan burung untuk mendapatkan hawa segar dan udara yang baik

Dengan memberi udara segar kepada burung murai, maka kesehatan burung pun tidak terganggu dan burung cepat berkicau.

Hal ini disebabkan pernapasan pada burung murai tidak akan terganggu jika di embunkan, dan kicau burung yang sudah gacor akan semakin merdu kicaunya.

Salain itu burung akan lebih cepat beradaptasi terhadap lingkungan sekitar anda dan tidak akan terganggu dengan aktivitas manusia sekitar. Makanya langkah ini wajib dilakukan setiap hari.

Waktu yang tepat untuk pengembunan adalah pada jam 6 pagi dan lama pengembuan dilakukan selama 30 menit.

Mungkin untuk anda yang sering merawat burung sudah tidak asing lagi dengan langkah pengembunan. Untuk pemula pasti bertanya-tanya manfaat dari pengembunan.

2. Memandikan Burung Murai

Setelah burung murai selesai di proses pengembunan. Langkah berikutnya adalah memandikan burung murai kesayangan anda.

Proses pemandian adalah salah satu proses yang tidak boleh dilewatkan. dan wajib dilakukan setiap hari. Apalagi jenis burung kicau wajib sekali memandikanya, salah satunya burung murai ini.

Mandikan burung murai setiap hari setelah di angin-anginkan. Lakukan pemandian setiap hari jika kondisi cerah. Namun jika dalam kondisi cuaca sedang dingin jangan dimandikan dulu.

Cara memandikan burung murai pun sangat mudah dan tidak ribet. siapkan semprotan dan air bersih. Namun jika anda ingin menambahkan sabun khusus juga bisa.

Burung murai yang sering dimandikan bulunya selalu bersih dan selalu terlihat cantik. Selain bulu bersih manfaat memandikan burung yaitu dapat terhindar dari kuman dan bakteri berbahaya yang menempel pada bulu.

Dengan begitu burung tidak akan mudah sakit. bakteri akan hilang dengan memandikan burung setiap hari. Jika tidak dimandikan burung akan mudah sakit dan stres.

Kondisi burung yang fit atau sehat akan lebih cepat gacor dan menjadi nyaman jika bulu dan tubuhnya bersih. Jika membiarkan burung kotor dan banyak kotoran burung menempel dapat mengancam kesehatan burung terganggu. Luangkan waktu untuk memandikan burung murai setiap hari.

3. Bersihkan Kandang Secara Berkala

Sangkar adalah tempat burung tinggal dan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan burung murai. Dengan membersihkan sangkar atau kandang adalah langkah yang wajib dilakukan setiap hari.

Sangkar burung banyak kotoran menumpuk dapat menyebabkan berkembangnya kuman dan bakteri yang dapat membahayakan.

Jika kuman dan bakteri berkembang dalam sangkar akan menyebabkan munculnya virus yang akan menyerang kesehatan burung murai kesayangan anda.

Cara menangani timbulnya virus yang terdapat pada sangkar yaitu anda harus rajin membersihkan kandang dan membuang kotoran yang menumpuk.

dengan begitu kenyamanan burung akan selalu terjaga dan burung murai tidak mudah mengalami stres apabila dilakukan pembersihan secara berkala.

Dan jangan lupa untuk membersihkan wadah pakan dan minum juga agar tidak menyebabkan kuman masuk saat pakan dan minuman di berikan kepada burung murai.

4. Memberikan Porsi Pakan Yang Sesuai Dan Tepat Waktu

Jika anda sudah melakukan perawatan tiga poin diatas, langkah selanjutnya adalah memberikan pakan burung murai kesayangan anda dengan benar sesuai porsi dan selalu tepat waktu.

Nah untuk pemula jangan memberikan pakan burung murai secara asal agar burung tidak mengalami masalah baru yang akan menyusahkan anda nantinya.

Sehingga burung dapat mendapatkan perubahan dan cepat gacor seperti yang anda inginkan yaitu menjadi gacor dan kicau siap di lombakan dengan burung murai lainya.

Salah satu contoh dalam pemberian pakan, semisal anda memberikan pakan jangkrik, harus menggunakan takaran yang pas untuk diberikan kepada burung murai. Pemberian pakan tidak boleh terlalu berlebih. Pemberian jangkrik yang tepat sebanyak 5 ekor saja.

Cara memberikan pakan terhadap burung murai yaitu dengan meletakan jangkrik pada wadah khusus dan masukan kedalam sangkar biarkan burung murai mengambilnya sendiri.

Tidak saya benarkan memberikan pakan jangkrik dengan menggunakan tangan. Hal ini bertujuan agar burung murai anda tidak manja dan mau mengambilnya sendiri saat diletakan dalam wadah pakan.

Yang perlu anda ketahui pemberian pakan jangkrik secara mandiri tanpa anda bantu menggunakan tangan akan mempengaruhi kesehatan burung menjadi lebih baik. Sehingga burung mempunyai sifat aktif ketimbang di manjakan.

Jangan lupa juga buang bagian jangkrik yang dapat menghambat pencernaan burung murai. Yaitu bagian yang harus di buang adalah kepala dan kaki jangkrik setelah itu masukan kedalam wadah pakan burung.

Selain pakan jangkrik yang diberikan, ada juga pakan tambahan yang harus di berikan. Pakan tambahan yang di berikan berupa kroto.

Pemberian kroto tidak boleh terlalu sering. Berikan kroto dalam jangka waktu satu minggu sekali saja. Pemberian pakan berupa kroto agar burung murai tidak merasa bosan dengan pakan jangkrik.

Selain pakan Extra fooding jangkrik dan kroto bila perlu anda juga bisa memberikan pakan cacing tanah juga bisa, pada umumnya di habitat aslinya burung murai sangat meyukai cacing tanah.

Sebagai pelengkap burung agar selalu terawat dalam pemberian pakan, anda juga harus memberikan multivitamin yang bisa anda dapat di toko ternak terdekat. agar burung mendapatkan vitamin tambahan. Lakukan pemberian multivitami sebanyak 2 x dalam satu minggu.

5. Menjemur Burung Murai

Penjemuran adalah salah satu perawatan yang sering dilakukan oleh semua pencinta burung untuk menghangatkan badan murai dan menambahkan vitamin D yang terkandung pada sinar matahari.

Waktu yang tepat penjemuran dapat dilakukan saat burung sehabis dimandikan. Karena jika tidak dijemur burung murai akan mengalami demam.

Demam tersebut dikarenakan kedinginan sehabis dimandikan, oleh karena itu lakukan penjemuran burung setiap hari sehabis burung murai kesayangan anda di mandikan.

Lakukan penjemuran pada jam 8 hingga jam 9 pagi saja. jika lebih dari jam yang ditetapkan dapat membuat burung kepanasan dan merasa tersiksa karena trik matahari terlalu panas.

Apabila anda mempunyai burung murai dengan jumlah lebih dari satu usahakan jangan terlalu berdekatan. berikan jarak secara berpisah agar tidak saling melihat dan membuat mental burung turun.

6. Mengangin-Anginkan Burung Murai

Nah setelah anda melakukan penjemuran jangan langsung memasukkan burung kedalam rumah. Akan tetapi menepatkan burung ditempat yang sejuk agar burung tidak merasa kaget sehabis dijemur.

Lakukan proses ini ditempat yang tepat jika tidak ada, bisa berada diteras rumah selama 10 menit saja. Setelah itu anda bisa memasukan kembali burung kedalam rumah.

Waktu yang tepat burung dianginkan adalah kurang lebihnya 10 menit saja berada di lokasi yang tidak panas dan dekat pepohonan. Jika tidak ada bisa di teras rumah juga bisa.

7. Lakukan Pemasteran

Langkah selanjutnya adalah untuk membantu burung murai kesayangan anda cepat berkicau dan gacor yaitu melatih burung dengan sura burung isian.

Lakukan cara pemasteran ini dengan benar agar burung dapat berhasil kita jadikan gacor dan memiliki kicau yang sangat merdu.

Waktu yang tepat melakukan pemasteran yaitu pada jam 10 pagi. dan untuk waktu lain bisa pada jam 4 sore menjelang burung akan isatirahat. Pemasteran burung dilakukan selama 15 menit saja agar burung tidak stres.

Jika anda tidak mempunyai burung isian untuk media pemasteran, lakukan dengan menggunakan media mp3 suara burung isian juga bisa.

Upaya dan tips pemasteran adalah sudah menjadi hal yang umum untuk melatih burung kicau agar cepat gacor. lakukan setiap hari dengan waktu yang sama.

Teknik ini sering dilakukan oleh master burng kicau dan yang menggunakan cara pemasteran bukan hanya pemula saja. sehingga cara ampuh melatih burung memiliki kicau yang indah.

Lakukan pada tempat yang tenang agar burung lebih fokus terhadap pemasteran yang anda berikan dan burung murai kesayangan anda cepat jadi gacor.

8. Mengamati Krakter Burung murai

Burung murai memiliki karkter yang berbeda-beda, hal ini sudah wajar terjadi. Setiap burung murai akan memiliki krakter individu yang berberda, walaupun itu satu jenis.

Dalam poin ini anda harus mengamati dengan serius, agar anda memahami krakter burung murai kesayangan anda.

Tujuan dari pengamatan krakter burung murai adalah dapat menyesuaikan porsi pakan yang harus diberikan. Sehingga anda akan lebih mudah menentukan pakan yang sesuai untuk burung murai anda.

Maka lakukan dengan benar kapan waktu yang tepat pemberian pakan dan waktu yang paling disukai burung. agar anda tepat waktu dalam perawatanya.

9. Penempatan Sangkar Burung Murai

Nah untuk menjaga kicau burung murai agar lebih gacor anda perlu menempatkan sangkar pada tempat yang terlihat seperti habitat aslinya.

Jika anda ingin burung murai kesayangan anda lebih gacor lakukan penempatan sanga\kar yang digantang memiliki seperti alam bebas.

Nah jika tempat anda tidak ada lokasinya, Minimal ada tempat yang memiliki seperti alam bebas. tidak perlu sama yang penting terlihat banyak pepohonan dan terbuka.

Sehingga burung murai akan lebih nyaman dan seperti berada di alam bebas, dengan begitu burung murai akan menjadi lebih gacor.

Manfaat dari penempatan lokasi terbuka selain burung menjadi lebih gacor ada juga manfaat lainya yaitu burung murai tidak akan mudah stres.

10 Mengganti Air Minum Secara Teratur

Pergantian air minum sangat penting dan harus selalu dilakukan agar kesehatan burung selalu terlindungi dari bakteri berbahaya.

Apabila burung meminum pada wadah minumannya dan ada bakteri berbahaya yang berkembang dapat mempengaruhi kesehatan burung murai. sehingga harus dilakukan 1 kali dalam sehari untuk melakukan pergantian air minum.

Jangan lupa selalu mencuci wadah air minum burung agar bakteri sudah tidak ada dalam wadah air minum tersebut. Lakukan secara teratur.

Jangan malas mengganti air minum burung setiap hari. jika ingin burung murai kesayangan anda tetap sehat dan berkicau merdu.

Catatan :

Lakukan cara diatas dengan benar untuk menjadikan burung murai gacor dan sehat dengan melakukan perawatan secara teratur dan tepat waktu. Jadi bagi anda pemula simak bagaimana cara perawatan burung murai dengan benar diatas.

Demikianlah bagaimana cara merawat burung murai dengan cara yang sering saya gunakan, selamat mencoba semoga sukses.

Bacajuga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *