Cara Merawat Burung Cucak Keling Cepat Gacor

Diposting pada 72 views

Cara Merawat Burung Cucak Keling Cepat Gacor- Cucak keling atau ada juga yang menyebutnya perling Kumbang.

Keistimewaan burung ini memiliki kicau yang indah dan keunikan yang tidak di miliki oleh burung lain.

Jika dilihat dari fisik burug cucak keling memiliki bentuk fisik yang sanagat sangar hampir mirip seperti burung gagak.

Burung cucak keling memiliki bulu hitam dan kebiru-biruan dan yang paling mnyeramkan lagi warna mata merah.

Namun yang perlu diketahui bahwa burung cucak keling ini memiliki kicau yang sangat nyaring dan gacor, yang akan membuat anda mempesona saat mendengarnya.

Makanya burung ini sering dijadikan burung isian atau burung masteran yang tepat oleh sahabat kicau diluarsana.

Banyak pencinta burung yang tidak meminati burung ini sebagai burung kicau. Padahal jika kita latih dan memberi perawatan yang baik burung cucak keling mempunyai kemampuan yang luar biasa.

Kemampuan yang dimiliki burung cucak keling adalah mampu menirukan suara burung lain dan kemampuan beradaptasi lebih tinggi terhadap lingkungan.

Namun sahabat kicau yang tidak meminati burung ini, jika ditanya tidak menyukai burung ini dengan alasan burung hanya ngeriwik saja.

Padahal burung ini memiliki kemampuan kicau yang luar biasa dan mampu menirukan suara disekelilingnya.

Selain itu perawatan burung cucak keling tidak ribet dan mudah dilakukan. Sehingga untuk pemula sangat cocok untuk memelihara burung jenis ini.

Cara Merawat Cucak Keling

Cara merawat burung cucak keling

Walaupun bentuk tubuh cucak keling seperti burung gagak, Sebenarnya cucak keling adalah burung pemakan buah-buhan dan serangga. Jadi burung satu ini bukanlah burung pemakan daging.

Untuk menjadikan burung cucak keling gacor dan ngeplong, tidak ada perawatan khusus sama sakali. Nah untuk pemula sangat tepat jika ingin memelihara burung ini dan menjadikan burung kicau.

Untuk melakukan perawatan burung ini hampir sama seperti burung kicau lainya. Tidak ada resep khusus agar burung gacor.

Namun ada beberapa hal perawatan yang harus anda ketahui agar burung cucak keling kesayangan anda memiliki suara gacor dan lantang.

Dengan menerapkan perawatan yang akan saya berikan ini dan dilakukan secara rutin, burung akan cepat memiliki suara gacor dan ngeplong atau suara lantang.

Burung cucak keling yang sudah gacor dapat anda jadikan burung isian atau kebutuhan dipeliharaa sebagai burung kicau.

Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk merawat burung cucak keling cepat gacor.

1. Cara Pengembunan Cucak Keling

Cara ini juga seperti yang dilakukan pada burung kicau pada umumnya. Burung cucak keling sangat menyukai udara segar di waktu pagi hari. Lakukan cara ini setiap hari.

Tujuan pengembunan adalah agar burung cucak keling dapat dapat cepat bersuara atau memiliki suara yang gacor dan lantang. Sehingga wajib bagi anda untuk mengembunkan burung pada waktu pagi hari.

Waktu yang tepat memulai pengembunan burung cucak keling adalah pada jam 5 pagi setelah subuh. Lakukan pengembunan secara rutin agar burung cepat gacor.

2. Cara Memandikan Burung Cucak Keling

Setelah anda sudah selesai mengembunkan burung langkah selanjutnya adalah memandikan burung cucak keling agar lebih sehat dan segar.

Cara pemandianya siapkan semprotan dan isi dengan air bersih. Jika ada sabun anti bakteri tambahkan saja kedalam air tersebut secukupnya.

Burung cucak keling yang sering dimandikan akan lebih aman dan tidak gampang sakit. Karena bakteri dan kuman yang menempel pada bulu akan hilang jika dimandikan.

Oleh karena itu wajib hukumnya memandikan burung cucak keling agar tidak mudah sakit dan terserang bakteri berbahaya.

Waktu yang tepat pemandian burung cucak keling adalah pada jam 07-08 pagi atau lebih tepatnya saat matahari mulai keluar, sehingga burung mendapatkan kehangatan dan tidak mengalami demam.

Jangan lupa membuka bagian penampung kotoran pada sangkar burung agar bakteri yang jatuh tidak pada wadah kotoran. Apabila bakteri jatuh pada wadah kotoran burung dapat berakiabat bakteri akan berkembang didalam wadah tersebut.

Terkdang burung cucak keling mau mandi sendiri jadi anda siapkan kramba dan masukan kedalam sangkar lalu biarkan burung cucak keling mandi sendiri dengan sambil membantu disemprot saat memandikan.

3. Cara Penjemuran Cucak Keling

Setelah anda selesai memandikan burung cucak keling jangan lupa menjemur burung. Hal ini dilakukan agar burung tidak mengalami demam dan bulu burung akan capat kering.

Sinar matahari di pagi hari sangat bagus, pada sinar matahari terdapat kandungan vitamin D yang bagus untuk menambah imun burung cucak keling. lakukan setiap hari setelah burung dimandikan.

Lama penjemuran hanya dilakukan pada waktu jam 9 hingga 10 saja. Atau lebih tepat paling lama dalam jangka waktu satu jam saja.

Jika dilakukan terlalu lama dan lebih dari jam yang sudah saya sarankan. Maka burung akan merasa tersiksa karena burung merasa kepanasan.

Dan jangan langsung memasukan burung yang baru selesai dijemur. akan tetapi anginkan pada tempat sejuk dan banyak pepohonan. apabila tidak ada tempat yang sesuai bisa menganginkan pada teras rumah anda sendiri.

Tujuan menganginkan burung selama 10 menit agar burung tidak kaget sehabis di jemur di trik matahari.

4. Pemberian Pakan Extra Fooding

Tata cara pemberian pakan extra fooding sebaiknya anda lakukan sebelum burung dijemur agar burung tidak mengalami stres saat di jemur.

Pemberian pakan ef bisa berupa ulat hongkong. jangkrik, dan lain sebagainya. berikan pakan sebanyak tiga ekor saja jangan terlalu berlebihan. Nah untuk pakan ef jenis kroto berikan sebanyak 1 sendok makan saja dalam jangka waktu 1 minggu sekali.

Dengan memberikan pakan ef kroto menghindari burung cucak keling agar tidak bosan terhadap pakan jangkrik atau ulat hongkong.

Dan jangan lupa memberi pakan tambahan setiap hari berupa buah pepaya dan pisang, karena burung satu ini juga menyukai buah-buahan.

Cuci terlebih dahulu buah yang akan diberikan agar tidak ada kandungan kimia yang dapat menyebabkan burung cucak keling keracunan.

5. Menjaga Kebersihan Kandang Cucak Keling

Setelah memperhatikan pakan anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang cucak keling agar terhindar dari kuman dan bakteri berbahaya.

Mangapa bisa sperti itu? kotoran yang menumpuk pada sangkar dapat menyebabkan bakteri dan kuman berkembang cepat dan menyebabkan burung terancam kesehatanya.

Bahaya lain dari kotoran burung yang menumpuk adalah dapat menyembabkan burung keracunan akibat gas beracun dari kotoran tersebut. Langkah ini harus dilakukan sesering mungkin agar kesehatan burung selalu terjaga dan burung akan lebih nyaman di dalam sangkarnya.

Jangan lupa juga membersihkan juga wadah pakan dan minum burung agar tidak ada kuman yang bersaranga di dalam wadah tersebut. Sehingga dapat membahayakan jika pakan dan minum di makan oleh burung. berikan juga pakan pokok berupa voer yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk burung cucak keling,

Saat anda memandikan dan menjemur burung alangkah lebih baiknya anda mengakatnya terlebih dahulu, agar burung tidak mengalami kegemukan.

6. Penggantangan Cucak Keling

Setelah anda sudah melakukan perawatan semua diatas, langkah selanjutnya adalah menganginkan burung di tempat yang sejuk dan berada di tempat yang terdapat pepohonan.

Seteah burung sudah dianginkan di tempat tersebut usahakan sampingkan dengan burung lain agar cucak keling mendengarkan dan menerikukan suara burung tersebut.

Dengan memancing seperti itu burung cucak keling akan lebih mudah gacor dan menirukan banyak variasi suara kicau burung lainya.

Yang perlu anda ketahui bahwa burung cucak keling adalah salah satu burung yang sangat mudah terpancing saat berada dikeramaian.

Kehebatan burung cucak kelinga yaitu ketika burung lain takut mendengar suara motor, akan tetapi burung satu ini malah berkicau saat mendengarkan suara motor atau suara musik yang keras.

7. Pemasteran Burung Cucak Keling

Setiap burung kicau harus melakukan pemasteran untuk melatih burung cepat gacor dan memiliki kicau yang lantang. Cara ini dilakukan agar burung cepat berkicau dengan memancing menggunakan suara burung isian.

Untuk pemasteran gunakan lah burung isian jenis lain yang sudah gacor untuk memancing kicau cucak keling atau bisa menggunkan suara mp3 burung lain yang bisa anda dapatkan di internet.

Lakukan langkah ini secara rutin setelah burung melakukan pemasteran,akan lebih cepat gacor jika dilakukan setiap hari.

8. Pemberian Extra Fooding Di Sore Hari

Jangan lupa berikan pakan ef pada waktu sore hari sebelum burung cucak keling beristirahat, berikan pakan ef berupa jangkrik sebanyak 3 ekor saja.

Pemberian pakan juga pada saat burung sambil diangin-anginkan diteras rumah anda. Setelah pemberian pakan selesai jangan lupa masukan burung kedalam rumah.

Nah untuk masalah pengerodongan tetap dilakukan agar burung beristirahat di malam hari sehingga stamina burung akan pulih untuk berkicau di pagi harinya.

Apabila anda sudah menyimak arikel pembahasan perawatan cucak keling diatas. apabila melakukanya secara benar dan tepat waktu dalam pemberian pakan. maka burung cucak keling akan cepat gacor.

Demikian lah pembahasan tentang cucak keling yang dapat saya sampaikan dalam pembahasan kali ini semoga dapat membantu anda yang baru memulai merawat burung jenis ini agar capat memiliki suara gacor dan ngeplong.

Bacajuga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *