Cara Merawat Burung Ciblek Cepat Gacor

Diposting pada 32 views

Cara Merawat Burung Ciblek- Hallo sobat kicau, Pastinya anda semua sudah tidak asing lagi dengan burung ciblek.

Burung dengan postur tubuh yang kecil mungil ini adalah salah satu burung yang sangat handal, hingga dijuluki dengan nama burung figther.

Mangapa burung ciblek dijuluki figther, karena burung satu ciblek adalah burung petarung sejati dan memiliki kicau yang amat tinggi.

Bahkan sebagian masyarakat di indonesia banyak menggemari burung ini, walaupun bentuk tubuh yang kecil tetapi burung ciblek sangat handal jika sudah gacor.

Dengan kemampuan mengluarkan suara kicau sangat tinggi, sehingga tidak dapat dipungkiri banyak pencinta burung yang ingin memiliki burung ciblek yang sudah gacor.

Tujuan para pencinta burung untuk memelihara burung ciblek yaitu sebagai burung aduan untuk diperlombakan kicaunya.

Sehingga haraga burung ciblek yang sudah gacor pun tidak lah murah. Perawatan burung ini bisa dilakukan dengan mudah, apabila anda memahaminya.

Namun untuk pemula tentu akan mengalami kesusahan. ada juga pencintaa burung kicau pemula yang merawat dengan caranya sendiri.

Untuk merawat burung ciblek agar gacor atau memiliki kualitas suara kicau yang tinggi perlu perawatan yang tepat.

Sehingga anda menggunakan cara sendiri dan belum mengetahui bagaimana cara melakukanya , maka cara yang anda ciptakan sendiri hanya akan sia-sia saja.

Saya sarankan untuk pemula yang belum mengetahui bagaimana cara merawat burung ciblek, anda bisa menanyakan kepada ahlinya.

Atau bisa mencari informasi menggunakan ponsel pintar anda dengan mencari tahu bagaimana cara perawatan burung yang tepat melalui internet pun juga banyak yang memabahas tentang perawatan burung ciblek.

Cara Merawat Burung ciblek Harian

cara merawat burung ciblek

perawatan burung ciblek begitu penting dilakukan setiap hari secara rutin. Sehingga burung bahan akan gacor apabila perawatan dilakukan secara benar.

Tentu ada trik dan tips untuk menjadikan burung ciblek memiliki kulitas suara yang berkualitas dan memiliki kicau yang tinggi.

Dalam kesempatan kali ini saya ingin membagikan bagaimana cara merawat burung ciblek agar cepat gacor. Dengan menerapkan perawatan setiap hari dan dilakukan secara rutin.

Apalagi untuk pemula yang baru memelihara burung ciblek wajib menggunakan cara yang saya bagikan ini.

Agar burung ciblek kesayangan anda dapat dirawat dengan benar. Sehingga tidak salah penerapan perawatanya.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula adalah merawat dengan cara asal saja. Sehingga penerapan perawatan yang anda lakukan hanya sia-sia.

Dan tidak mendapatkan perubahan sama sekali terhadap burung ciblek. Maka dalam kesempatan kali ini anda dapat memahami bagaimana cara yang tepat untuk memulai perawatannya. Untuk lebih jelasnya seperti berikut :

1. Memberikan Pakan Yang Berkualitas

Burung ciblek dapat tumbuh dan berkembang Sehingga kita harus memperhatikan jenis pakan yang akan di berikan.

Karena pakan berfungsi memberikan protein dan menyetabilkan stamina burung untuk menghasilkan kicau yang berkualitas.

Jadi untuk anda pemula wajib mengetahui pakan apa saja yang baik untuk diberikan kepada burung ciblek ini.

jangan memberikan pakan yang tidak memiliki protein dan nutrisi yang cukup. Karena jika hal tersebut dilakukan terus menerus dapat berdampak terhadap perkembangan kicau burung ciblek.

Bukan hanya itu saja, kesehatan burung juga dapat terganggu dan jika sudah terganggu Maka burung akan stres. apabila burung ciblek mengalami stres, burung ciblek tidak akan mau berkicau.

Hal itu disebabkan karena burung tidak mendapatkan nutrisi dan protein yang cukup. Maka berikan pakan yang berkulitas berupa Extra fooding.

Jenis Pakan Yang baik Untuk Burung ciblek :

  • Jangkrik.
  • Belalang.
  • Kroto.
  • Ulat hongkong.
  • Voer dan susu bubuk.

Dengan memilih pakan extra fooding setiap hari, burung akan cepat gacor. Untuk pakan berupa jangkrik dan belalang jangan lupa membuang kepala dan kakinya. Agar pakan dapat dicerna dengan baik.

2. Membersihkan Kandang Burung Ciblek

Langkah selanjutnya adalah lakukan perawatan kandang dan selalu membersihkan kotoran burung. Jangan sampai kotoran burung sampai menumpuk didalam kandang burung ciblek.

Karena burung akan nyaman jika sangakar atau kandang yang dihuninya bersih, Sehingga memancing burung akan lebih cepat berkicau karena menyukai kandang yang ditempatinya.

Dan untuk menjaga bakteri dan kuman berbahaya dapat berkembang didalam sangakar, Sehingga wajib melakukan pembersihan kandang burung setiap harinya.

Selain kuman dan bakteri yang ditakutkan, kotoran burung yang menumpuk akan mengandung gas beracun dan jika burung menghirupnya dapat mengakibatkan kematian pada burung ciblek.

Setelah anda memperhatiakan kebersihan kandang ada hal yang sangat penting yang wajib anda ketahui, Yaitu lakukan pengecekan pakan dan minuman burung.

Apabila pakan sudah habis anda harus menambahkan lagi agar burung kesayangan anda Jangan sampai burung kehabisan pakan dan nantinya burung ciblek yang anda pelihara stres dan lama-lama akan mati.

Kematian disebabkan karena burung ciblek yang kelaparan akan mengalami penurunan stamina dan pemberian nutrisi yang berkurang.

Sebelum anda menambahkan pakan kedalam wadah pakan dan minuman burung. Lakukan pembersihan wadah pakan dan minuman agar tidak terdapat kotoran didalam wadah tersebut.

3. Pemasteran Burung Ciblek

Anda bisa memancing burung ciblek dengan cara menggunakan burung isian yang sudah gacor dan Di gantang bersampingan.

Trik ini sudah banyak yang membuktikan agar burung ciblek gacor dan memiliki suara kicau yang tinggi. Lakukan pemasteran setiap hari agar burung fokus mendengarkan burung isian dan melawan kicaunya.

Jika anda tidak mempunyai Burung isian untuk masteran, anda bisa menggunakan ponsel smarphone dan mencari suara burung isian di internet.

Waktu pemasteran dapat anda tentukan sendiri, bisa pagi hari atau setelah burung ciblek di jemur dan pada malam hari. Lakukan secara rutin sampai burung ciblek gacor.

Saran saya pilihlah tempat yang tenang untuk melakukan pemasteran, agar burung tidak terganggu dan fokus suara masteran dengan cepat.

4. Proses Memandikan Burung

Langkah selanjutnya adalah memandikan burung ciblek. Nah proses ini tidak boleh dilewatkan, karena sangat penting sekali agar burung bersih dari kuman dan kotoran burung.

Sehingga bakteri yang terdapat menempel pada bulu burung ciblek. di hilangkan dengan peroses pemandian, bisa dilakukan setiap hari dan tidak usah menunggu burung kotor.

Pada dasarnya burung ciblek sangat renta terhadap penyakit yang akan menyerang, sehingga cara menangani bakteri pada bulu burung dapat dibersihkan.

Jika bulu dan tubuh burung ciblek bersih akan merasa nyaman. jangan lupa menyopot bagian alas sangkar kotoran burung. Tujuannya agar bakteri tidak jatuh pada alas tersebut dan jika tidak di copot akibatnya bakteri akan berkembang disitu.

Cara memandikan burung ciblek pun juga sangat mudah. Anda siapkan semprotan dan sabun anti bakteri lalu dicampurkan pada air hangat, setelah itu masukan air yang sudah dicampur kedalam botol semprotan.

Semprotkan keseluruh tubuh burung ciblek secara merata, agar bakteri yang terdapat pada bulu maupun tubuh mati seketika.

Waktu yang tepat untuk memandikan adalah pada jam 7 pagi. sehingga akan mudah menjemur dengan sinar matari yang mengandung vitamin D.

5. Pejemuran Burung Ciblek

Burung ciblek yang sudah dimandikan harus di jemur untuk mengeringkan bulunya. Dan burung tidak merasa kedinginan, jadi ya harus dijemur untuk memberi kehangatan juga bagi burung ciblek.

Selain itu juga panas matahari jam 8- sampai 10 pagi. sangat bermanfaat bagi burung ciblek untuk menambahkan daya tahan tubuh karena sinar matahari yang terkandung vitamin D. yang berfungsi burung untuk kekebalan daya tahan tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Tujuan lain dari penjemuran adalah agar burung ciblek mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Sehingga burung akan merasa lebih dekat dengan alam.

Nah mandikan burung pada jam 7 pagi, dan setelah sudah jam 8 pagi lakukan penjemuran sampai jam 10 saja. Ya jika terlalu lama menjemur burung ciblek dapat menyiksa karena lebih dari jam sepuluh sinar matahari akan panas hebat.

Lakukan penjemuran setiap hari agar burung lebih mudah beradaptasi dan terhindara dari segala penyakit yang dapat menyerang sewaktu-waktu.

Apabila tidak dijemur yang akan terjadi pada burung ciblek setelah dimandikan akan membuat burung demam.

6. Pemberian Minuman Dan Multivitamin

Untuk mendongkrak agar burung ciblek cepat gacor, langkah selanjutnya adalah dengan memberikan multivitamin dan minuman yang berkualitas baik. Nah untuk multivitamin biasanya master burung seringkali menggunkan cara ini.

Apa saja minuman yang berkulitas yang harus diberikan kepada burung ciblek? berikan minuman madu asli dan di campurkan keair hangat. setelah itu tambahkan multivitamin, untuk mendapatkan bisa di beli di toko pakan hewan ternak terdekat rumah anda, biasanya banyak tersedia.

Waktu yang baik untuk pemberian multivitamin dan minuman yaitu pada pagi hari sekitar jam 6 sebelum burung ciblek dimandikan.

Tujuan pemberian minuman dan multivitamin di pagi hari adalah agar burung dapat menyerap nutrisi yang terkandung dengan cepat. sebelum burung ciblek diberikan pakan Extra fooding.

7. Pengerodongan Burung Ciblek

Metode pengerodongan memang paling banyak dilakukan oleh master kicau. Karena jika burung yang di kerodong akan membuat burung tenang dan tidak terganggu oleh akvitas kita.

Lakukan pengerodongan secara rutin, pada saat burung akan beristirahat. yaitu lebih tepatnya pada malam hari dan burung dapat beristirahat dengan tenang dan tidak merasa terganggu sama sekali.

Nah itulah bagaimana cara merawat burung ciblek dewasa yang dapat dilakukan dengan langkah diatas untuk burung ciblek kesayangan anda.

Lakukan secara rutin dan teratur, agar burung anda cepat gacor dan memiliki kicau tinggi. Cara diatas hanya bisa dilakukan untuk burung yang sudah usia dewasa saja.

Untuk burung yang masih berusia dini atau masih 5 bln kebawah, lakukan perawatan dengan cara sederhana saja. Karena jika anakan burung ciblek dilakukan dengan perawatan diatas, sangat berbahaya.

daya tahan tubuh ciblek yang masih renta di usia anakan dan tidak dapat dilakukan dengan cara ini.

BacaJuga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *