Cara Merawat Burung Cendet

Diposting pada 20 views

Cara Merawat Burung Cendet– Halo sobat pencinta burung, mungkin anda tidak asing lagi dengan burung yang satu ini.

Burung cendet adalah salah satu jenis burung yang paling banyak di gemari, burung ini memiliki kicau khas.

Populasi burung ini dialam bebaspun mulai menurun. hal ini disebabkan karena burung ini banyak di cari untuk dijadikan burung peliharaan dan burung kicau juga, sehingga populasinya di alam bebaspun semakin menipis.

Namun ada berita gembiranya untuk menangani agar populasi burung cendet tidak punah dialam bebas yaitu banyak pencinta burung yang sukses ternak burung cendet.

Dengan adanya peternak maka akan lebih membantu para pencinta burung untuk mendapatkannya dengan membelinya. Dan burung cendet dialam bebas pun tetap terjaga tidak mengalami kepunahan.

Apabila hal ini dibiarkan, burung cendet banyak diburu maka akan membuat burung cendet tidak dapat kita temui lagi.

Jadi adanya peternak dapat membantu burung cendet lebih banyak lagi berkembang. Dan para pencinta burung bisa membelinya, tidak semua burung yang di jual dari alam.

Walaupun burung ini sangat populer di indonesia, akan tetapi masih jarang para pencinta burung yang memeliharanya, padahal kicau burung ini sangat bagus dan khas yang tidak dimiliki oleh burung lain.

Untuk perawatan burung cendet atau pentet ini, tidak lah susah jika kita mengatahui seluk beluk burung terlebih dahulu.

Karena pada umumnya burung ini dialam liar sangat menyukai pakan jenis belalang dan sangat sering mengonsumsi belala ketimbang pakan jenis lain.

apabila anda masih pemula dalam merawat burung cendet pasti akan kesusahan dan mati, karena perawatannya yang anda lakukan secara asal saja. Ikuti langkah berikut ini untuk merawat burung cendet.

Cara Merawat Burung Cendet Cepat Gacor

burung cendet

Nah bagian ini yang wajib anda simak untuk melakukan langkah bagaimana cara merawat burung cendet cepat gacor.

Karena setiap master burung kicau pasti mempunyai trik dan tips tersendiri untuk menjadikan burung agar cepat gacor atau memiliki kicau yang panjang.

Untuk burung cendet pun juga seperti itu, Memerlukan perawatan yang jitu agar burung cepat gacor, dan tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Nah untuk pemula wajib menyimak bab ini. Agar burung cendet kesayangan anda cepat memiliki suara kicau yang berkulitas.

Cara yang saya bagikan ini sering sekali saya gunakan untuk merawat burung cendet, dan hasilnya pun sering berhasil.

Apabila perawatan yang saya bagikan ini tidak diterapkan secara benar, maka hasilnya hanya sia-sia. Oleh karena itu lakukan secara benar untuk mendapatkan hasil yang baik, dengan tujuan menjadikan kicau cendet berkulitas.

1. pembersihan Kandang Burung cendet

melakukan pembersihan kandang dan selalu mengutamakan kebersihan kandang akan membuat burung cendet lebih nyaman.

Jika burung sudah nyaman berada di kandang. Dengan begitu burung akan lebih capat gacor dan tidak mudah mengalami stres.

Apbila kandang dibiarkan kotor dapat berdampak berkambangnya bekteri dan kuman yang mempengaruhi kesehatan burung cendet.

Selain itu juga kotoran burung yang menumpuk bisa menjadi gas beracun. Sehingga wajib sekali melakukan pembersihan kandang setiap harinya.

2. Pakan Berkulitas Untuk Burung Cendet

Untuk menjaga kesehatan burung, anda harus memberikan pakan yang sesuai dan kandungan nutrisi yang cukup untuk burung cendet.

Dengan Memberikan pakan yang baik dan protein yang cukup burung akan selalu fit. Kesehatan burung pun akan selalu terjaga. Pakan yang baik untuk burung cendet berupa extra fooding.

Jangan memberikan pakan secara sembarangan, selain itu anda bisa menambahkan pakan voer untuk pelengkap asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung.

Cara pemberian pakan extra fooding dengan menggunakan belalang dan jangkrik, buanglah bagian yang keras agar mudah dicerna oleh burung.

Jangan lupa tambahkan vitamin untuk burung cendet. Untuk mendapatkan vitamin anda biasa membelinya di toko pakan ternak.

3. Jenis Kelamin Burung Cendet yang cepat gacor

Selain perawatan anda harus memilih juga jenis kelamin burung agar cepat gacor. Burung yang cepat gacor dan sering berkicau yaitu berkelamin jantan. Nah untuk yang burung cendet betina, jarang sekali yang menjadi gacor. sehingga anda harus memilih burung berkelamin jantan agar cepat memiliki kicau yang tinggi dan panjang.

Bagaimana cara membedakan jenis kelamin burung cendet yang tepat. Berikut ciri jenis kelamin burung cendet jantan dan betina.

Untuk ciri burung cendet jantan memiliki warna yang hitam gelap dan aktivitas burung jantan lebih aktif ketimbang betina. Untuk burung betina Memiliki warna yang tidak terlalu gelap dan jarang sekali berkicau.

Jika anda memelihara dan untuk dijadikan burung kicau harus memilih jenis burung cendet jantan. Sehingga burung akan cepat memiliki kicau yang baik dan siap untuk di perlombakan.

4. Memandikan Burung Cendet

Setiap burung peliharaan wajib dimandikan. Kenapa bisa begitu? karena memandikan burung dapat menjaga burung tidak mudah terserang penyakit yang di sebabkan oleh bakteri.

Biasanya bakteri banyak menempel di bulu burung dan kotoran burung banyak menempel di bulu. dengan membersihkan burung dengan cara memandikan akan membuat burung nyaman jika badan dan bulunya bersih.

Sehingga burung akan lebih terawat dan terlihat cantik. Cara memandikannya pun cukup mudah siapkan semprotan dan air bersih. lalu semprotkan kebadan burung secara merata.

Waktu yang tepat memandikan burung pada jam 7 pagi. jangan menunggu burung kotor untuk memandikannya, lakukan proses ini setiap hari.

5. Penjemuran Burung Cendet

Setelah burung dimandikan, anda harus menjemur burung cendet. Bertujuan agar burung tidak mengalami demam.

Selain itu juga dapat memberi kehangatan kepada burung sesudah dimandikan. bulu burung akan lebih cepat mengering dan bakteri yang tertinggal dapat di bersihkan dengan cara di jemur.

Waktu penjemuran yang tepat yaitu pada jam 8 sampai 10 pagi. jika lebih dari jam sepuluh akan membuat burung kelelahan akibat suhu matahari terlalu panas. Lakukan setiap hari setelah burung dimandikan.

Untuk lokasi penjemuran bisa anda tempatkan pada area yang memiliki pepohonan dan pandangan luas. agar burung cendet merasakan di alam yang bebas dan udara disekitar berkualitas baik.

6. Pemasteran Burung Cendet

Jika sudah melakukan perawatan secara rutin, langkah selanjutnya adalah dengan memasterkan burung cendet dengan burung isian jenis lain.

Mengapa harus menggunakan burung lain sebagai masterannya? Karena burung cendet memiliki kemampuan bisa menirukan suara burung lain. Sehingga burung cendet memiliki banyak variasi kicau.

Untuk lebih mudahnya anda tidak perlu mencari burung isian jika tidak mempunyai gunakan saja Mp3 suara burung di internet.

Sehingga anda bisa menyediakan jenis suara burung dengan menggunakan mp3 dan hasilnya pun akan sama saja. Lakukan proses ini secara rutin agar burung cepat gacor dan kualitas kicau bervariasi.

7. Pengasingan Burung Cendet

Jika anda mempunyai burung kicau dengan jenis yang berbeda. Nah nantinya burung cendet yang sudah gacor tidak mau berkicau.

Langkah yang dibutuhkan adalah dengan mengasingkan burung ditempat yang tidak ada burung lain agar burung kembali gacor.

Hal tersebut disebabkan karena adanya burung lain dan burung cendet merasa tersaingi atau lebih tepatnya mengalami penurunan mental secara tiba-tiba.

Sehingga dengan menjauhkan dengan burung lain burung cendet akan kembali seperti semula. Cara ini hanya bisa dilakukan jika burung yang mengalami penurunan mental saja.

8. Memberikan Sayur-Sayuran

Sayuran adalah pakan tambahan untuk burung cendet dan sangat baik untuk membantu pertumbuhan burung cendet.

Dengan memberikan pakan tambahan sayuran anda dapat diberikan dengan jangka waktu beberapa hari sekali, atau setiap 2 hari sekali.

Berikan sayuran atau biji-bijian untuk pakan tambahan menjaga kesehatan burung cendet. Sehingga dengan begitu kondisi burung akan selalu fit dan memiliki kicau yang lebih mantap sekali.

9. Pemberian Jamu

Jamu tidak hanya di berikan pada manusia saja. Tetapi burung cendet juga memerlukan penambahan jamu. Nah untuk jamu ini bisa penambahan makanan saja.

jamu yang digunakan adalah dengan pakan tambahan berupa pakan extra fooding seperti kroto. nah anda bisa memberikan kroto dalam waktu satu minggu sekali. jangan memberikan terlalu sering, karena kroto memiliki kandungan protein yang tinggi.

Demikaian bagaimana cara merawat burung cendet agar cepat gacor dan dengan perawatan yang benar. Lakukan perawatan diatas secara teratur agar tidak megalami kegagalan dalam perawatanya.

Bacajuga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *