Cara Menjinakan Burung Manyar Dengan Mudah

Diposting pada 1 views

Halau sobat burung mania kali ini saya akan membahas bagaimana cara merawat dan menjinakan dengan perawatan yang benar.

Burung manyar adalah salah satu burung yang unik dan mampu menirukan suara kicau burung lain.

Jadi buat kamu yang ingin memelihara burung manyar tidak usah ragu, apalagi memandangnya dengan sebelah mata saja.

Kemampuan kicau burung manyar bisa menirukan suara kicau burung lain jika di rawat dengan benar, sehingga untuk jadikan burung kicau sangat cocok.

Untuk membut burung manyar cepat gacor dan memiliki variasi kicau anda harus melakukan perawatan dan pemasteran secara extra.

Burung manyar adalah salah satu jenis burung dari keluarga plociedae. Ada sekitar 3 jenis burung manyar yang potensial untuk anda jadikan burung masteran.

Tiga jenis burung yang dapat anda gunakan sebagai burung masteran yaitu seperti janis burung manyar tempua, manyar mas, dan manyar jambul.

Agar burung manyar bisa dijadikan burung masteran tentu saja anda harus menjinakannya, apalagi diambil dari alam langsung pasti masih memiliki sifat yang liar sekali.

Oleh sebab itu kamu harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk menjinakan burung ini agar tidak liar dan memiliki kicau yang bervariasi.

Burung manyar ada juga loh beberapa yang memiliki mahkota atau lebih tepatnya memiliki jambul di kepalanya. Sehingga menjadi ciri dan khas dari burung ini yang tidak di miliki burung lain.

Bahkan burung manyar ini bisa menirukan suara kicauan dari burung lain seperti burung cililin dan burung kenari. Selain itu juga burung manyae adalah burung pemakan biji-bijian dan serangga.

Apalagi saat burung manyar musim kawin atau berkembang biak akan menyukai jenis makanan berupa serangga kecil jika di alam bebas.

Nah untuk anda yang belum mengetahui bagaimana cara menjinakan burung manyar dan cara merawatnya bisa menyimak penjelasan saya bagikan dalam artikel kali ini.

Langkah-Langkah Perawatan Burung Manyar

Burung Manyar

Agar burung manyar yang anda pelihara menghasilkan kicau yang maksimal tentu harus melakukan pemeliharaan dan perawatan yang baik.

Perawatan dari burung satu ini bisa terbilang sangat mudah. apalagi anda biasa merawat burung pasti sudah sangat mudah memahaminya.

Namun jika anda masih awam atau baru mulai merawat burung maka akan kebingungan dan kesulitan akan memulai dari mana.

Dengan pembahasan kali ini bisa memberi anda wawasan bagi pemula bagaimana cara menjinakan burung manyar dengan mudah untuk diterapkan dan secara akurat harus dilakukan setiap hari.

Apalagi kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula, sering menerapkan perawatan asal-asaln dan hasilnya tidak membuat burung manyar yang anda pelihara jinak.

Oleh karena itu sangat penting sekali mengetahui cara perawatan yang optimal untuk diaplikasiakan setiap hari. Simak berikut ini.

1. Berikan Pakan Secara Rutin

Dengan memberikann pakan kepada burung manyar secara rutin akan membuat burung memiliki perubahan yang lebih baik.

Apalagi pakan serangga sering diberikan akan membuat burung manyar cepat memiliki kicau dengan perubahan yang sangat cepat sekali.

Memaberikan pakan berupa serangga akan merangsang burung manyar lebih aktif dan membuat burung lebih rajin berkicau dari sebelumnya.

Kamu bisa memberikan pakan serangga dengan sambari melatih burung agar cepat jinak.

Dialam bebas serangga adalah salah atu jenis pakan yang paling banyak di sukai oleh semua jenis burung manyar. apalagi pada saat musim berkembangbiak.

2. Memilih Bakalan Burung Manayar.

Selain itu sebelum anda memelihara burung manyar, anda harus memilih burung manyar yang masih muda agar bisa dirawat dengan mudah untuk memiliki kicau dan bisa dijinakan.

Jika memilih bakalan burung manyar yang sudah memiliki usia dewasa akan lebih susah untuk di jinakan dan burung akan mengalami penuruanan mental.

Lebih bagusnya anda bisa memilih jenis burung manyar yang masih kecil akan lebih mudah dilatih dan dijinakan.

Jangan asal saja memilih bakalan burung yang akan dipelihara, karena akan mempengaruhi hasil dari suksesnya pemeliharaan yang kita lakukan nantinya untuk mendapatkan kicau burung yang lantang dan bervariasi.

3. Kandang Digantang Pada Tempat Yang rendah

Usahakan kandang burung manyar anda gantang serendah mungkin. Dan jangan lupa pilih tempat penggantangan pada lingkungan yang benayak aktivitas manusia atau lebih tepatnya pada tempat keramaian.

Tujuan penempatan pada tempat yang ramai dan banyak aktivitas manusia adalah agar burung manyar tidak kaget dan takut terhadap manusia.

Sehingga jika burung sudah terbiasa akan lebih mudah anda jinakan dan cepat memiliki suara kicau yang lantang.

4. Memandikan Burung Manyar

Usahakan memandikan burung manyar dalam satu hari bisa 3 kali pemandian. Semakin sering dilakukan pemandian burung manyar akan lebih jinak dan tidak akan agresif lagi jika di dekati oleh manusia.

Sehingga langkah perawatan dalam poin ini sangat membantu burung terbiasa dan cepat beradaptasi. Selain itu juga burung akan lebih sehat dan tidak ada bakteri yang menempel pada bulu burung.

Pemandian sangat berpengaruh juga terhadap kesehatan burung manyar selalu terjaga dari bakteri yang menempel pada burung tersebut.

5. Pemberian Pakan Jangkrik

Anda bisa memberikan pakan berupa jangkrik dalam satu hari Sekitar 1-3 ekor. Waktu yang tepat pakan jangkrik diberikan adalah pada pagi hari. Pakan berupa jangkrik dapat merangsang burung manyar agar cepat berkicau.

Berikan juga pakan berupa biji-bijian saat menjelang malam hari. Dengan memberikan pakan jenis ini burung manyar yang anda pelihara akan cepat jinak dan membuahkan peningkatan terhadap kicau burung.

Berikan pakan jangkrik setiap hari secara rutin dan teratur agar hasil perkembangan burung manyar dapat meningkat dengan cepat.

6. Penjemuran Burung Manyar

Sebelum burung manyar dijemur lakukan pengembunan terlebih dahulu dengan memberikan pakan berupa kroto. Pilihlah pakan kroto yang masih segar dan bisa mencampurkan dengan pkan buah apel yang sudah diparut.

Apabila sinar matahari mulai terpancar jangan lupa untuk melakukan penjemuran terhadap burung manyar. Lakukan penjemuran pada saat jam 8 sampai 10 saja. Jika sudah memasuki jam 12 siang maka dapat membuat burung merasa tersiksa dan merasa kepanasan.

Apabila pada saat matahari sudah terlalu trik maka akan berakibat kepada burung manyar mengalami stress dan kematian. Oleh karena itu sangat tidak disarankan melakukan penjemuran diatas jam 10 pagi.

7. Perawatan Sangkar Burung

Sangkar yang nyaman dapat memberikan efek bagus terhadap burung manyar. dengan membersihkan sangkar burung akan selalu nyaman dan dengan begitu burung akan terhindar dari segala bakteri.

Karena jika membiarkan kandang selalu kotor maka akan berdampak mempengaruhi kesehatan burung itu sendiri. Lakukan pemebrsihan kandang secara rutin agar burung tidak terserang segala penyakit.

Bersihkan kotoran burung yang menumpuk pada sangkar, Jangan lupa mencuci wadah pakan dan minuman burung agar sehat tidak terdapat bakteri yang berkembang didalam wadah tersebut.

8. Penggantian Air Minum

Terkadang terdapat kotoran yang masuk dalam air minum burung, oleh karena itu terjadinya bakteri berbahaya dapat masuk dalam tubuh burung manyar dan akan mengalami ganguan kesehatan.

Usahakan menganti air minum secara rutin Agar burung manyar yang di pelihara dapat terhindar dari segala macam bakteri dan penyakit yang akan menyerang.

Setelah anda membuang air dalam wadah tersebut jangan lupa membersihkan wadah terlebih dahulu untuk lebih amannya.

Isi kembali air dalam wadah tersebut dengan menggunakan air bersih agar burung selalu sehat saat meminumnya.

9. Memastikan Suhu

Apabila pada musim penghujan alangkah lebih baikanya anda bisa menggantang sangkar burung pada tempat yang teduh.

Jika sangkar burung terkena angin dan air hujan dapat berefek terhadap kesehatannya. gantang sangkar pada teras rumah dan pastikan tidak terkena air dan angin yang lebat.

Alangkah baiknya bisa langsung memasukan sangkar burung kedalam rumah agar lebih terjamin tidak terkena air hujan dan burung selalu merasa tidak kedinginan.

Demikian lah bagaimana cara merawat burung manyar agar jinak, sehingga jika nantinya saat burung sudah anda lakukan pemasteran akan lebih mudah burung dapat fokus menangkap dan menirukan variasi suara burung masteran yang anda berikan.

Pemasteran dapat anda lakukan setia hari bisa menggunkan burung isian atau juga bisa juga dengan menggunakan Play MP3 di internet.

Bacajuga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *